Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 5 No 2 (2021)

Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo

Palennari, Muhiddin (Unknown)
Lasmi, Lasmi (Unknown)
Rachmawaty, Rachmawaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Masalah dalam penelitian ini terkait dengan pemberdayaan keterampilan pemecahan masalah. Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa masih rendah, padahal hampir di seluruh sekolah saat ini telah dituntut untuk menerapkan kurikulum 2013 yang diharapkan mampu memusatkan pembelajaran kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Wonomulyo pada mata pelajaran biologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah satu kelas dari siswa kelas XII IPA yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes keterampilan pemecahan masalah berbentuk uraian dan wawancara semi terstruktur bersama guru mata pelajaran biologi beserta beberapa orang siswa yang bertujuan untuk dijadikan sebagai informasi tambahan untuk mendukung hasil penelitian. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan keterampilan pemecahan masalah siswa, serta analisis menggunakan program excel untuk menghitung rata-rata tiap indikator keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat indikator keterampilan pemecahan masalah berada pada kategori baik yaitu dengan persentase merumuskan masalah 66,80%; mengembangkan jawaban sementara (hipotesis) 75,39%; merencanakan solusi 76,95%; dan mengecek kembali/membuat kesimpulan 73,83%. Secara keseluruhan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Wonomulyo berada pada kategori baik dengan rata-rata 73,24. Keywords: Keterampilan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Biologi, SMA Negeri 1 Wonomulyo

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...