Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 7 No. 1 Januari 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Jumarwati, Jumarwati (Unknown)
Andrias, Andrias (Unknown)
Nursalam, La Ode (Unknown)
Yanti, Ipri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Hasil belajar Geografi siswa kelas X IPS 2 di SMA Kartika XX-2 hanya 40% yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menguraikan aktivitas belajar siswa kelas X IPS 2 yang diajar dengan menggunakan model PBL; 2) untuk menguraikan aktivitas mengajar guru SMA Kartika XX-2 Kendari yang mengajar dengan menggunakan model PBL; dan 3) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X SMA  Kartika XX-2 Kendari yang diajar dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus dengan subjek peneliti kelas X IPS 2 sebanyak 18 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru serta tes siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) skor rata-rata aktivitas belajar siswa 2,3 pada siklus I meningkat menjadi 3,1 pada siklus II dan masuk dalam kategori baik; 2) skor rata-rata aktivitas mengajar guru, yaitu 2,6 pada siklus I dan pada siklus II sebesar 3,6 serta masuk dalam kategori baik; dan 3) Skor awal hasil belajar Geografi siswa pada siklus I, yaitu 67,4 dengan ketuntasan belajar 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor rata-rata, yaitu 77 serta ketuntasan belajar sebesar 85%. Selanjuntnya, terdapat 18 siswa dengan nilai ≥ 72 sesuai KKM Geografi. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...