Jurnal Eduscience (JES)
Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Herman Jufri Andi (Universitas Islam Madura)
SITI AINUR ROMLAH (Universitas Islam Madura)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran  discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa SMA.setelah disampaikan model discovery learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain the non equivalentcontrol grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2020-2021 MA Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X MIPA C sebagai kelas kontrol dan X MIPA B sebagai kelas eksperimen.analisis data Dallam penelitian ini menggunakan uji-t yang dianalisis menggunakan spss versi 16. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan soal pre-test post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran Terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran fisika menggunakan model discovery learning (DL) berbantuan video pembelajaran. Hal Ini Terlihat Dari Hasil Uji Independentsample  T-test Yang Menunjukkan Nilai Sig. (2-tailed) Kurang Dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...