Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi standar penilaian yang dilakukan oleh guru madrasah dalam mencapai evaluasi pendidikan Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang disebar melalui google form dengan isi pengukuean 12 indikator standar penilaian. Hasil penelitaian menunjukan bahwa pemahaman guru terhadap standar penilaian ada beberapa indikator yang masih kurng dilakuakn yaitu pada indikator 1,4,9 dan 12. Dan kemampuan guru antara pemaham guru PAI dan Non PAI, menujukan bahwa guru PAI masih kurang prosentase pemahaman dibanding guru Non PAI. Dalam mencapai evaluasi pendidikan Islam, indikator standar penilaian yang dituangkan pada kurikulum 2013, menunjukan bahwa penilaian(evaluasi) tersebut sudah mencapai tujuan pendidikan Islam yaitu mewujudkan muslim yang sempurna baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Copyrights © 2020