Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2022): Januari

Survei Peran Guru Penjas Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Bulu Tangkis Di SMP

Bili, Lukas Dairo (Unknown)
Lengo, Martina Dewi (Unknown)
Djami, Jolis J. A. (Unknown)
Tusi, Adolf A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada guru penjas dalam mengembangkan ekstrakurikuler dan bertujuan untuk memecah rumusan masalah yang diangkat yaitu: apakah ada perkembangan minat dan baka siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler bulu tangkis di SMP Kristen 4 Amanatun Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana upaya guru penjas dalam mengembangkan ekstrakulikuler bulu tangkis di SMP Kristen 4 Amanatun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka peneliti dapat menarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Kemampuan kerja guru penjas dalam memberi arahan baik dalam roses kegiatan ekstrakurikuler, guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dalam proses kegiatan ektrakurikuler, 2) Ada program latihan yang dibuat oleh guru penjas SMP Kristen 4 Amanatun Selatan, 3) Sarana dan prasarana di SMP Kristen 4 Amanatun Selatan sangat memadai dan menunjang terlaksanannya program latihan ektrakurikuler bulu tangkis dan 4) Ada hambatan dan permasalahan dalam upaya melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler bulu tangkis yaitu SDM, sarana dan prasarana yang belum lengkap dan tingkat kepedulian orang tua, masyarakat dan pendidik masih rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ciencias

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang mencakup penelitian eksperimen, penelitian tindakan, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan (model, media, dan evaluasi pembelajaran) yang bertujuan untuk ...