Seiring dengan berkembanya zaman, terjadi banyak sekali perubahan dalam berbagai aspek. Perubahan tersebut tidak hanya dapat dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terdapat pula perubahan pada perilaku moral masyarakat, salah satunya generasi muda. Krisis perkembangan moral generasi muda sebagai anak bangsa mengalami penurunan dengan banyaknya kasus penyimpangan moral. Generasi muda sebagai penerus bangsa harus memiliki kepribadian yang demokratis dan bertanggung jawab serta dapat mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Untuk membentuk karakter – karakter tersebut dibutuhkan pendidikan moral bagi generasi muda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peran nilai Pancasila sebagai sebuah landasan pendidikan moral bagi generasi muda. Metode yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan metode kualitatif, dimana teori atau pembahasannya diperoleh dari hasil studi kepustakaan berbagai sumber seperti jurnal, artikel dan buku.
Copyrights © 2021