JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Pelaksanaan Memvariasi Hafalan dengan Metode Takrir (Pengulangan) pada Hafalan Juz 30 Siswa di MDT Al Hidayah Jorong 100 Janjang, Kanagarian Canduang Koto Laweh, Kec. Canduang, Kab. Agam

Hasanah, Fadila (Unknown)
M, Iswantir (Unknown)
Hasibuan, Pendi (Unknown)
Wati, Salmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru yang kurang dalam memperhatikan siswa dalam mengulang hafalannya, guru yang terlalu membebaskan siswa dalam menyetorkan hafalannya, sehingga masih banyak siswa yang kurang memiliki kesadaran dalam menghafal Al Qur’an dan masih banyak siswa dalam menyelesaikan juz ‘amma ini belum memenuhi target karena dibuktikan masih ada siswa yang berhutang terhadap setoran hafalannya dan bagi siswa yang sudah menamatkan hafalan juz 30 nya ketika diuji lagi surat surat yang sebelumnya banyak diantara mereka yang tidak hafal lagi ayatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fiel research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penulis memanfaatkan informan kunci dan pendukung untuk mendapatkan data. Kemudian penulis melakukan analisis data dengan analisis deskriptif analitik. Penulis menggunakan triangulasi data untuk mengecek keabsahan data. Triangulasi yang penulis gunakan adalah Triangulasi Teknik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...