Lectura : Jurnal Pendidikan
Vol. 13 No. 1 (2022): Lectura: Jurnal Pendidikan

Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Daring di Masa Pandemi Covid-19

Andi Putra (Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh)
Rita Gamasari (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal)
Novebri Novebri (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2022

Abstract

Pandemi Covid 19 tidak hanya membawa perubahan secara global pada negara kita, tetapi juga mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi. Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, WHO menghimbau untuk menghentikan kegiatan-kegiatan yang menghimpun orang banyak yang menimbulkan kerumunan massa. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan inovasi pembelajaran bahasa arab pada masa pandemi covid 19 secara daring yang diselenggarakan di STAIN Mandailing Natal sebagai upaya dalam menekan mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan perguruan tinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik survey dilakukan kepada mahasiswa mengenai penerapan pembelajaran daring menggunakan google form yang diisi oleh mahasiswa setelah diberikan melalui pesan WhatsApp. Subjek penelitian adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Mandailing Natal Propinsi Sumatera Utara pada semester 2 yang telah mengambil mata kuliah bahasa arab pada semester 1. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Survey hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) mahasiswa memiliki sarana dan prasarana untuk melaksanakan pembelajaran daring. (2) inovasi pembelajaran daring efektif untuk mengatasi pembelajaran yang memungkinan dosen dan mahasiswa berinteraksi dalam kelas virtual yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. (3) Pembelajaran daring dapat membuat mahasiswa mampu belajar mandiri walaupun dengan banyak keterbatasan tapi tetap membuat motivasinya meningkat dalam menguasai bahasa arab

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang ...