Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pada materi himpunan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mathla’ul Anwar semester 3 sebanyak 13 mahasiswa, kemudian subjek dikategorikan berdasarkan kategori kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah. Subjek kemudian dipilih berdasarkan kemampuan awal matematis dengan kategori rendah, untuk mengungkap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang kurang menguasai materi tersebut. Instrumen berupa 2 soal uraian tes kemampuan pemahaman komputasional dan fungsional serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada materi himpunan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematis kategori rendah, hanya mampu mengidentifikasi data dan informasi yang terdapat dalam informasi yang diberikan pada soal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021