FOKUS : Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan
Vol 1, No 6 (2018): Vol 1 No. 6 November 2018

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 2 KADUNGORA

Ina Katerina (IKIP SILIWANGI)
R.Ika Mustika (IKIP SILIWANGI)
Ecep Supriatna (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kadungora. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen desain one group pretest posttest Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Kadungora. Melalui teknik probabilitas sampling ditentukan sampel penelitian sejumlah 52 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS 22 untuk diuji paired sample t-test. Berdasarkan skor pretest posttest diketahui rata-rata motivasi belajar siswa setelah dilakukan layanan bimbingan belajar mengalami peningkatan. Terdapat pengaruh signifikan dari layanan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kadungora ( p=0,00). Kata Kunci: Motivasi belajar, layanan bimbingan belajar. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

fokus

Publisher

Subject

Education Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Fokus publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Guidance and Counseling study program of IKIP Siliwangi Bandung on current science issues, namely: Guidance and Counseling educator in elementary, secondary and high school level. Guidance and Counseling observers ...