Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SAHABAT DIFABEL DI SURAKARTA

Hery Setiyatna (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Muhammad Julijanto (UIN Raden Mas Said Surakarta)
Susilo Surahman (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Sahabat difabel adalah mahasiswa yang secara sukarela menjadi teman dekat mahasiswa penyandang disabilitas dalam membantu proses perkuliahan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang berstatus sahabat difabel. Penelitian dilakukan di UIN Raden Mas Said Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitiaan deskriptif kuantitatif menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menjadi sahabat difabel mempunyai andil terhadap prestasi belajar sebesar 79%. Terdapat 5 (lima) variabel yang berpengaruh terhadap prestasi belajar sahabat disabilitas, yaitu: motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan prestasi belajar ini mencakup variabel motivasi; kesadaran diri; lingkungan; komunikasi; dan kedekatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...