COVID-19 sangat berdampak pada dunia pendidikan, bahwa dari dunia pendidikan se-Indonesia, Pemerintah telah mengambil kebijakan untuk meliburkan seluruh aktifitas pendidikan. Pemerintah dan lembaga pendidikan harus segera mencari solusi atau cara agar pendidikan sekolah tetap berjalan walaupun pada saat pandemi COVID-19. Kendala yang dirasakan dari siswa tidak dapat mengikuti proses belajar daring yang dilaksanakan oleh guru dikarenakan ketiadaan sinyal jaringan internet dan selain itu juga sebagaian orang tua yang kondisinya pas-pasan juga ketidaktahuan penggunaan aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran online/daring. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan penggunaan Google Classroom untuk mengoptimalkan pembelajaran di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Siswa-siswi setelah dievaluasi dari pelaksanaan kegiatan penyampaian materi dan praktek pelatihan penggunaan google classroom, siswa-siswi mengungkapkan bahwa kendala dan ketakutan dalam mengikuti pembelajaran secara daring mereka lebih siap mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti yang dilaksanakan seperti tatap muka dengan menggunakan google classroom berbasis mobile menggunakan HP masing-masing. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya penggunaan Social Learning Network (SLN)Classroom bagi siswa-siswi SMA Negeri 9 Kota Bengkulu berbasis Mobile dan meningkatnya ketrampilan siswa-siswi yaitu mampu melakukan penggunaan classroom dan pengelolaannya dengan benar.
Copyrights © 2021