Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2022): volume 3 Nomor 1 Tahun 2022

PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR)

Moh. Nurul Qomar (IAIN KUDUS)
Lorena Dara Putri Karsono (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Fina Zahrotul Aniqoh (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Chamidah Nor Aini (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Yassirlana Anjani (Institut Agama Islam Negeri Kudus)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2022

Abstract

Salah satu potensi desa Karangampel Kudus adalah keberadaan UMKM. Sistem pemasaran UMKM tersebut masih bersifat konvensional. Di tengah pandemi sekarang ini, sebuah kebutuhan transformasi pemasaran dari konvensional ke digital. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi urgensi digital marketing sebagai media dalam melakukan promosi di tengah pandemic covid-19. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah participatory action research (PAR) selama satu bulan penuh di mitra pengabdian Desa Karangampel, Kudus. Pelibatan langsung masyarakat terlihat dalam beberapa program kegiatan pengabdian masyarakat, antara lain, sebanyak 20 pelaku usaha dan UMKM berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan. Hasil dari pengabdian ini adalah aktivasi website desa sebagai pusat informasi desa, beberapa produk UMKM sudah mampu mampu menggunakan digital sebagai media promosi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...