Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE)
Vol 3, No 2 (2021)

LITERASI DIGITAL : EFEKTIFITAS APLIKASI PEDULILINDUNGI DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PADA MAHASISWA FIP UPI

Maharan, Anindya Putri (Unknown)
Rivai, Mochammad (Unknown)
Rivai, Mochammad (Unknown)
Sugianti, Sachiko (Unknown)
Fauzi, Rifki Ahmad Fauzi Ahmad (Unknown)
Azzahra, Septia (Unknown)
Ningsih, Safitri (Unknown)
Lailiya, Ulfa (Unknown)
Adawiyah, Robyathul (Unknown)
Amalia, Nurul Dzikra Dzakira (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Saragih, Mahfuzi Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Di era milenial ini masyarakat sangat mudah dalam mendapatkan maupun memberikan informasi apapun dengan cara cepat dan akurat. Tentu hal tersebut tak lepas dari kecanggihan teknologi yang berbasis digital. Dalam perkembangan teknologi ini masyarakat setidaknya harus melek digital dengan berliterasi atau sering disebut dengan literasi digital. Berhubungan dengan hal tersebut, masyarakat Indonesia saat ini tengah menghadapi pandemi COVID 19 dan sedang berjuang untuk mencegah tersebarnya virus tersebut, kemudian pemerintah mulai menyelenggarakan vaksin dan memberi sertifikat vaksin terhadap masyarakat. Untuk mempermudah penginputan data, pemerintah menciptakan aplikasi bernama PeduliLindungi yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Dengan adanya aplikasi PeduliLindungi ini, kami melakukan sebuah penelitian keefektifan dan literasi digital terhadap mahasiswa FIP UPI. Dalam penelitian tersebut kami memakai metode pengambilan sampel simple random sampling dengan nonpropability sampling. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi PeduliLindungi telah terbukti membawa pengaruh mahasiswa dalam literasi digital dan cukup efektif untuk proses mengirim ataupun menerima data.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJACE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE) is an open access and peer-reviewed journal, published by Department Community Education, Faculty of Education Universitas Pendidikan Indonesia. This Journal collaborative with Indonesian Community Education Association (APENMASI) which is ...