Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 6, No 2 (2021): Bioedusiana

Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan

Ayu Asri Martinah (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)
Velly Mubarok (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)
Mieke Miarsyah (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)
Rizhal Hendi Ristanto (Program Studi Magister Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2022

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih berada pada peringkat rendah berdasarkan hasil PISA, kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna menjalankan berbagai aktifitas kehidupan dengan mengaplikasikan pemahaman sains, mengaktualisasikan dan mengorganisasikan alam serta bersikap bijak pada alam semesta, oleh karena itu diperlukan asessmen literasi sains yang berbasis kontekstual sehingga siswa dapat mengimplementasikan pengetahuan sains pada kasus-kasus yang ada pada kehidupannya; Tujuan penelitian ini, untuk mengkaji kelayakan dan kualitas instrumen literasi sains berbasis kontekstual pada materi pencemaran lingkungan serta mengetahui validitas empiris dari instrumen yang di kembangkan; Penelitian pengembangan literasi sains dilakukan dengan menggunakan metode 4-D dengan 4 tahapan meliputi, define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP Kartika-X dan siswa SMP PGRI 3 Bekasi yang berjumlah 70 siswa.Validitas logis divalidasi oleh dua validator ahli dan validitas empirik di ujikan ke siswa. Validitas soal memperoleh hasil 70% yang berarti soal dikatakan valid, reliabilitas memperoleh skor 0,74 yang berarti reliabel, terdapat 30% soal dengan kategori sedang (tidak sukar dan tidak mudah) serta 19 soal dengan daya beda yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...