EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Materi Ikatan Kovalen di SMA Negeri 3 Pontianak

Indah Nirwana Akay (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Rahmat Rasmawan (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Maria Ulfah (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Eny Enawaty (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)
Erlina Erlina (Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan atas dasar hasil dari wawancara kepada satu orang guru dan kepada 8 orang peserta didik yang mengatakan bahwa guru sulit dalam menjelaskan materi dan peserta didik sulit memahami tiga level representasi kimia (makroskopik, simbolik, dan submikroskopik) pada materi ikatan kovalen yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk video pembelajaran berbasis multirepresentasi pada materi ikatan kovalen, mengetahui tingkat validitas, mengetahui respon peserta didik, dan mengetahui respon guru terhadap video pembelajaran berbasis multirepresentasi. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) sebagai model pengembangan yang hanya digunakan dari tahap Analyze, Design, dan Develop. Diperoleh rata-rata persentase validitas materi sebesar 94% dan media sebesar 97% dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata persentase berdasarkan respon peserta didik pada tahap One-to-One Trial sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase berdasarkan respon pesrta didik pada tahap uji coba kelompok kecil sebesar 87% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase berdasarkan respon peserta didik dan guru pada tahap uji coba lapangan berturut-turut sebesar 88% dan 94% dengan kriteria sangat baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...