EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika

Akrimullah Mubai (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Ambiyar Ambiyar (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Wakhinuddin Wakhinuddin (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Rijal Abdullah (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Fahmi Rizal (Universitas Negeri Padang, Indonesia)
Waskito Waskito (Universitas Negeri Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Evaluasi kurikulum menjadi hal yang sangat penting dalam meninjau sejauh mana tercapainya tujuan dari suatu program pendidikan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kurikulum Pendidikan Teknik Informatika (PTI) yang dikembangakan oleh civitas akademisi program studi PTI Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunnakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Dalam penerapan model CIPP digunakan pendekatan analisis komparatif untuk membandingkan setiap data indikator kurikulum dengan data standar-standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Data diperoleh melalui analisis dokumen dan wawancara secara terstruktur kepada 2 orang dosen sebagai repsonden yang salah satunya ketua program studi PTI periode 2010-2014 dan 2015-2019. Hasil penelitian memperoleh rerata nilai dari setiap komponen CIPP yaitu 97% dengan kategori sangat efektif. Perolehan ini dicapai dengan beberapa strategi yakni dengan pelaksanaan evaluasi secara berkala disetiap indikator kurikulum, penyediaan fasilitas pengembangan potensi setiap civitas akademisi dan memberikan hadiah bagi yang berprestasi. Sehingga dengan adanya evaluasi kurikulum ini banyak hal yang dapat dipelajari dari setiap indikator untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian yang telah diraih

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...