EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengembangan Modul Hypercontent Berorientasi HOTS

Anisa Anisa (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Nurdiyanti Nurdiyanti (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Rahmatia Thahir (Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2021

Abstract

Era pendidikan saat ini mengarahkan mahasiswa untuk memiliki higher Order Thinking Skill (HOTS), maka perlu adanya modul perkuliahan yang memfasilitasi mahasiswa untuk berpikir secara HOTS yang memudahkan mahasiswa mengakses berbagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu  modul hypercontent berorientasi HOTS pada mata kuliah Genetika yang bersifat valid dan praktis. Penelitian ini berjenis research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yakni ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation,Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa modul hypercontent berorientasi HOTS, hasil analisis validasi  untuk kelayakan isi dan kebahasaan  memperoleh milai 0.85 terdapat pada kategori sangat layak. Uji kepraktisan modul hypercontent masuk ke dalam kategori sangat menarik/ praktis dengan persentasi 87%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa modul hypercontent yang berorientasi higher order thinking skill bersifat valid dan praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...