EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382

Kinerja Inovasi Di Era Revolusi Industri 4.0: Analisis Knowledge-Oriented Leadership Dan Kapabilitas Manajemen Pengetahuan

Dewiana Novitasari (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Dhaniel Hutagalung (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, Indonesia)
Lala Hucadinota Ainul Amri (Politeknik Negeri Media Kreatif, Indonesia)
Multi Nadeak (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Indonesia)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki praktik dan efek knowledge-oriented keadership terhadap terhadap kinerja inovasi di industry manufaktur, dengan mediasi kapabilitas manajemen pengetahuan. Pendekatan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari 170 karyawan salah satu perusahaan manufaktur di Tangerang Indonesia. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa knowledge-oriented leadership memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kapabilitas manajemen pengetahuan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja inovasi organisasi. Walaupun demikian, knowledge-oriented leadership berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja inovasi organisasi melalui kapabilitas manajemen pengetahuan. Jadi kapabilitas manajemen pengetahuan berfungsi sebagai variabel mediator penuh. Dari perspektif teoritis, hasil penelitian ini memberikan bukti empiris tentang peran positif kapabilitas manajemen pengetahuan sebagai faktor yang berpengaruh untuk meningkatkan kinerja inovasi perusahaan manufaktur. Sedangkan, dari perspektif manajerial, hasil penelitian ini memberikan gambaran pengambil keputusan di perusahaan manufaktur dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana meningkatkan kapabilitas manajemen pengetahuan dan menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai di era pengetahuan saat ini

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...