EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500

Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pendidikan Seni Musik Melalui Pendekatan Rasch Model

Akbar Maulana (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Resa Respati (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Epon Nur’aeni L (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Muhammad Rijal Wahid Muharram (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi guru sekolah dasar terhadap pendidikan seni musik. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan mengikuti tahapan metodologi penelitian survei, sehingga proses pegumpulan data dilakukan mengunakan instrument berupa angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar dalam lingkup kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung, Jawa Barat. Data angket yang diperoleh dianalis menggunakan winstep dengan pemodelan rasch,. Data hasil pengolahan rasch model kemudian di interpretasi berdasarkan tujuan dari peneliti. Sehingga di ketahui tingkat persepsi guru sekolah dasar terhadap pendidikan seni musik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan,tingkat persepsi guru sekolah dasar terhadap pendidikan seni musik menunjukan angka yang baik yaitu 83.65%

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...