Civics Education And Social Science Journal (CESSJ)
Vol 3, No 2 (2021)

KAPASITAS GURU MEMAHAMI PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN KARAKTER SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

Meidawati Suswandari (Univrsitas Veteran Bangun Nusantara)
Moefty Mahendra (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Tri Sutrisno (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Koko Prasetyo (Universitas Veteran Bangun Nusantara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kapasitas guru memahami psikologi pendidikan dan karakter siswa selama pandemic Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan studi pustaka. Obyek penelitian ini adalah kapasitas guru dan psikologi pendidikan anak. Subyek penelitian adalah guru. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penelusuran jurnal-jurnal yang terdapat pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet, dengan melalui Google Cendekia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis anotasi bibliografi (annotated bibliography). Hasil penelitian menunjukan bahwa kapasitas guru memahami psikologi pendidikan anak selama pandemic Covid-19 dapat diwujudkan melalui metode pemecahan masalah. Adapun langkah-langkah dari metode pemecahan masalah dalam psikologis pendidikan anak dilakukan melalui 4 cara, yaitu Orientasi masalah, Identifikasi masalah, Pilihan Alternatif, Pengambilan Keputusan, dan Verifikasi. Sementara itu, pembelajaran yang diberikan oleh guru selama pandemi dalam pendidikan karakter yaitu membuat modul pembelajaran bermuatan karakter, guru dapat dapat membuat konten pembelajaran online yang menarik bagi siswa, pemberian tugas mandiri yang bermuatan karakter, penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran online, komunikasi yang baik antara guru dengan orang tua, dan memberikan reward atas kegiatan positif yang dilakukan siswa untuk memotivasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cessj

Publisher

Subject

Education

Description

CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ) merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara. CESSJ memiliki scope teori dan praktik pendidikan ...