Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 2 (2021): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengaruh Kemandirian dan Fasilitas Belajar pada Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021

Fenti Retnoningrum (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan fasilitas belajar pada pembelajaran online terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan multikolinearitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan korelasi berganda dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sumbangan variabel kemandirian dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPA yaitu 34,13 %, sisanya 65,67% dipengaruhi oleh faktor lain dan memiliki tingkat korelasi sedang yaitu 0,584. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...