Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 2 No. 01 (2022): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2022

Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Ende 7 Kabupaten Ende Tahun Pelajaran 2019/2020

Maria Polencis Pere Ri'a (Universitas Flores)
Alfonsus Gaa (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dalam mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesiadi kelas IV Sekolah DasarĀ  Ende 7 tahun ajaran 2019/2020, dan mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Ende 7 tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan metode diskusi. Metode yang digunakan adalah metode tes dan observasi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil domain kognitif yang merupakan suatu bentuk penelitian untuk melihat kemampuan pengetahuan siswa sehingga peggunaan metode diskusi dapat diketahui. Hasil penelitian menunjukan bahwa 94,45 siswa kelas IV Sekolah Dasar Inpres Ende 7 tahun pelajaran 2019/2020 mampu membaca atau mendeskripsikan denah dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...