Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa calon guru dalam membuat media pembelajaran. Untuk mendeskripsikannya, peneliti menggunakan teori Munandar (2009) yang terdiri dari kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, elaborasi, dan originalitas. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah media pembelajaran. Peneliti dan partisipan melakukan wawancara untuk mengetahui kreativitas mahasiswa calon guru. Peneliti menggunakan desain naratif untuk mengeksplorasi kreativitas mahasiswadalam membuat media pembelajaran. Partisipan diambil dari mahasiswa semester 6 dan telah mengikuti mata kuliah praktek pembuatan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada kategori kelancaran berpikir, mahasiswa calon guru sudah memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran, mampu menemukan ide, serta mengaitkan beberapa konsep dalam satu media pembelajaran; (2) Pada kategori keluwesan berpikir, mahasiswa calon guru sudah mampu menggunakan bermacam pendekatan dan melihat masalah dari sudut pandang berbeda.; (3) Pada kategori elaborasi, mahasiswa calon guru sudah mampu melakukan inovasi, kreativitas, dan mengembangkan gagasan dengan terispirasi oleh lingkungan sekitar; (4) Pada kategori originalitas, mahasiswa calon guru sudah mampu menjelaskan keorisinilan media pembelajaran yang dibuat dengan mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Copyrights © 2021