Pengembangan karakter peduli lingkungan lahan basah pada siswa SD memerlukan model atau strategi yang tepat. Karakter peduli lingkungan tersebut meliputi kerja keras, menjaga kesehatan dan kebersihan, bertanggung jawab dan bijaksana terhadap lingkungan lahan basah. Penelitian ini mengembangkan model pendidikan karakter peduli lingkungan lahan basah (PKP-LLB). Penelitian pengembangan ini menggunakan model evaluasi formatif metode Tessmer yang terdiri dari atas evaluasi diri, prototyping, danĀ  uji lapangan. Uji coba model PKP-LLB dilakukan di SDN Pasar Lama I Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model PKP-LLB dan perangkat pendukungnya yang valid untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan terhadap lingkungan lahan basah. Penelitian ini menemukan bahwa (1) desain PKP-LLB sangat valid berdasarkan telaah ahli, (2) perangkat pendukung utama model PKP-LLB sangat valid untuk digunakan dalam menerapkan model PKP-LLB untuk membekali pengetahuan. dan karakter peduli lingkungan lahan basah (3) siswa tidak mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami materi penunjang pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PKP-LLB ini valid, namun memerlukan uji coba dan evaluasi lebih lanjut untuk mencapai kepraktisan dan keefektifannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021