Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022

Pengembangan Modul Pemahaman Diri Sebagai Media Inovasi Bimbingan Berbasisi Karakter Siswa SD Di Era New Normal

Hari Witono (Universitas Mataram)
I Nyoman Karma (Universitas Mataram)
Mansur Hakim (Universitas Mataram)
Heri Setiawan (PGSD FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul Pemahaman Diri  berbasisi Karakter  Siswa SD. Penelitian menggunakan prosedur penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Subyek dalam penelitian yaitu ahli materi BK, ahli bahan ajar, serta guru kelas dan siswa SDN 3 Cakranegara. Bentuk data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data penelitian menggunakan system mixed analisys (analisis data campuran) kuantitatif dan kualitative.  Hasil penelitian menunjukkan modul Pemahaman Diri yang dikembangkan berada pada kategori layak berdasar penilaian ahli materi BK dan ahli bahan ajar. Tingkat keterpakaian modul Pemahaman Diri  Sebagai Media Inovasi  Bimbingan Berbasisi Karakter  Siswa SD Di Era New Normal berada pada kategori sangat layak berdasar penilaian guru dan siswa. Artinya, bahwa modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman diri dapat digunakan sebagai media dalam layanan bimbingan dan konseling. Modul yang dikembangkan hanya sebatas pada uji coba kelompok kecil, untuk itu perlu dilakukan uji coba lapangan untuk melihat efektivitas pemakaian modul untuk meningkatkan kemampuan pemahaman diri siswa SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...