Abstrak Pada era pandemi saat ini, dunia Pendidikan menghadapi tantangan dan masalah yang sangat serius. Di mana para pengelola lembaga pendidikan dan guru berupaya agar pembelajaran tetap berlangsung secara daring dengan infrastruktur yang serba terbatas. Hal ini sebagaimana terjadi di Madrasah Aliah (MA) Bilingual kota Batu. MA Bilingual kota Batu menerapkan pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring pada kelas X di MA Bilingual Batu mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi hasil pembelajaran. Pengumpulan data utama melalui wawancara mendalam dengan informan kunci kepala sekolah dan guru serta beberapa peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi melalui pengamatan langsung terhadap obyek. Untuk menjaga kualitas data menggunakan pengecekan dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semua pihak, baik kepala sekolah, guru, wali murid maupun peserta didik memiliki peran penting dalam upaya pencapaian keberhasilan pelaksanaan model pembelajaran secara daring. (2) perencanaan pembelajaran dilakukan secara terpusat dan detail, (3) pelaksanaan pembelajaran menyesuaikan dengan materi yang terjadwal. (4) evaluasi dilakukan melalui hasil pengumpulan tugas secara online. Dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa partisipasi aktif peserta didik menjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran.   Kata kunci: Pandemi Covid-19, Bidang Studi Bahasa Arab, Pembelajaran Daring.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021