Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman (JURIDIKSIAM)
Vol. 5 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL KEBERAGAMAN

Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Nurul Kartika Antasari (Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Mataram)
Sukardi Sukardi (Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Mataram)
Rispawati Rispawati (Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script berbantuan LKPD terhadap hasil belajar   kognitif   sisw a   pada  mata  pelajaran  PKn.  Penelitian  ini  merupakan penelitian  Pre  eksperimen  dengan  desain  penelitianStatic  Group  Comparison. Data hassil belajar dijaring menggunakan lembar observasi dan test pilihan ganda yang sudah   memenuhi   persyaratan   penelitian.   Keseluruhan   data   dianalisis  secara kuantitatif  melalui  uji parametric  yang  terlebih dahulu  diuji persyaratan  analisis. Dengan  mencermati  nilai  rata-rata  dari  kelas  eksperimen  yang  sangat  tinggi, Sehingga dapat disimpulkan bahw a ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script berbantuan LKPD terhadap hasil belajar kognitif sisw a pada mata pelajaran PKn  AbstractThe purpose of this research is to know w hether or not there is an influence of the cooperative  learning  model using cooperative script type w ith the assist of LKPD tow ards students cognitive learning result of learning PKn. This research is a Pre-experimental  w ith the model of  research  Static  Group  Comparison. The result Learning  of data is collected  by using data of learning result taken by using test question that have fulfilled  requirement of research instrument. Totally the data w ere   analyzed   quantitatively   w ith  parametric   test  w hich  before  tested   the requirements of analysis. So it can be conclude that there is the influence of the cooperative  learning  model  application  using  cooperative  script type w ith the assist  of  LKPD  tow ards students  cognitive  learning  result of  student  learning PPKn. Keywords: Cooperative Script, LKPD, cognitive learning result

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juridiksiam

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Telaah teori mutakhir dan hasil penelitian dan pengembangan tentang Kurikulum, Bahan Ajar, Metode/Model, Media, dan Evaluasi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora serta hasil telaah teori mutahir dan hasil penelitian substansi ilmu-ilmu sosial dan ...