Kode : Jurnal Bahasa
Vol 9, No 3 (2020): KODE

Pembiasaan Berpikir Kritis Menggunakan Teknik Storytelling untuk Menangkal Tindakan Bullying

Rini Estiyowati Ikaningrum (Unknown)
Lilia Indriani (Unknown)
Paulina Besty Fortinasari (Unknown)
Liana Shinta Dewi (Unknown)
Winasti Rahma Diani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2020

Abstract

Salah satu dampak perkembangan teknologi di kalangan siswa adalah maraknya tindakan bullying atau perundungan. Siswa seringkali kurang siap menghadapai dampak dari tindakan bullying yang bisa terjadi di dalam atau di luar sekolah. Bullying yang terjadi pada siswa mempunyai dampak yang buruk untuk perkembangan anak baik untuk pelaku dan korban bullying. Penelitian ini bertujuan untuk membiasakan siswa berpikir kritis untuk menangkal tindakan bullying melalui penggunaan storytelling. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menguak fakta tentang maraknya bullying di kalangan siswa khususnya di tingkat Sekolah Dasar melalui observasi dan survey di 3 Sekolah Dasar di Wilayah Kabupaten Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan pembiasaan berpikir kritis sejak dini agar siswa mendapat pengetahuan untuk mengantisipasi bullying di dalam atau di luar lingkungan sekolah. Dengan demikian, siswa sekolah dasar diharapkan lebih bijak menanggapi berbagai informasi serta tidak takut menghadapi tindakan bullying. Kata kunci : bullying, berpikir kritis, storytelling

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...