Kesadaran metakognitif merupakan aspek yang diperlukan peserta didik dalam belajar. Ada dua komponen metakognitif yaitu pengetahuan kognisi dan pengaturan kognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesadaran metakognitif peserta didik kelas XI MIA di Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA berjumlah 4 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 140 orang peserta didik dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Kesadaran metakognitif diukur menggunakan angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang diadaptasi dari Schraw dan Dennison (1994) berjumlah 52 pertanyaan. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa persentase kesadaran metakognitif peserta didik kelas XI MIA yaitu 71,64% termasuk kategori bagus.
Copyrights © 2019