Jurnal Pijar MIPA
Vol. 12 No. 2 (2017): September

KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMPN 3 MATARAM

Fitran Sari (Unknown)
Abdul Wahab Jufri (Unknown)
Sridana Sridana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan  bahan ajar IPA berbasis  pendekatan SAVI  dalam  meningkatkan  kreativitas peserta didik     SMP N 3 Mataram pada materi Sistem  Organisasi Kehidupan. Populasi  penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII berjumlah 172 orang . Sampel  menggunakan  peserta didik kelas VII-1 berjumlah 26 orang  sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas  VII-3 berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling . Instrumen  kreativitas terbukti valid      ( > 0,413)  dan reliabel (>0,80). Data kreativitas peserta didik dikumpulkan dengan tes essay. Rata-rata  skor kreativitas peserta didik yang belajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI adalah 61,48 sedangkan rata-rata skor peserta didik  yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI adalah 30,31. Berdasarkan taraf signifikansi (thit = 5,933> ttabel, = 2,069, p=0.000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar SAVI efektif untuk  meningkatkan kreativitas peserta didik. Kata Kunci: bahan ajar. SAVI, kreativitas

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current ...