JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis AVS Video Editor pada Mata Pelajaran IPA

Nur Fitrianingsih (STKIP Taman Siswa Bima)
Hardiansyah Hardiansyah (STKIP Taman Siswa Bima)
Suciyati Suciyati (STKIP Taman Siswa Bima)
Ita Fitriati (STKIP Taman Siswa Bima)
Afriani Afriani (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis AVS Video Editor. Dalam hal ini peneliti membuat sebuah media pembelajaran untuk mempermudah guru dalam proses belajar mengajar khususnya pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research And Development (R&D), dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis (Analisys), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Akan tetapi penelitian ini menggunakan 3 tahap yaitu: (Analisys, Design dan Development). Prodak ini ditinjau oleh, ahli materi dan ahli media. Penilaian prodak dilakukan oleh 2 orang dosen sebagai ahli media dan 2 orang guru IPA sebagai ahli materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi penilaian prod uk untuk menilai aspek kevalidan. Yaitu: Lembar validasi ahli media dan lembar validasi ahli materi hasil penilaian ini berupa data kuantitatif deskriptif, kemudian dianalisis dengan kriteria menggunakan ratting scale untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media Video Pembelajaran Berbasis AVS Video Editor. Berdasarkan hasil validasi akhir dari ke empat validator yaitu validasi ahli materi diperoleh nilai 0,88 dari validator materi 1 dan 0,80 dari validator materi 2. Jadi Rata-rata keseluruhan dari kedua validator ahli materi tersebut diperoleh 0,84 berkategori sangat tinggi dan validasi ahli media diperoroleh 0,98 dari validator media 1, diperoleh 0,88 dari validator media 2. Jadi Rata-rata keseluruhan dari kedua validator ahli media tersebut diperoleh 0,93 berkategori sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...