JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan e-Modul Interaktif Getaran dan Gelombang (eMIGG) untuk Pembelajaran IPA di SMP

Saprudin Saprudin (Universitas Khairun)
Irfan Ahlak (Unknown)
Astuti Salim (Universitas Khairun)
Ade Hi Haerullah (Universitas Khairun)
Fatma Hamid (Universitas Khairun)
Nurdin Abdul Rahman (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk e-modul interaktif getaran dan gelombang (eMIGG) untuk pembelajaran IPA di SMP. Penelitian pengembangan ini mengikuti tahapan ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, evaluation. Uji coba skala kecil telah dilakukan dengan menggunaan desain time series. Data pada penelitian ini meliputi data validasi produk eMIGG yang dikumpulkan melalui instrumen lembar validasi, serta data penguasaan konsep siswa yang dikumpulkan melalui instrumen tes penguasaan konsep materi getaran dan gelombang. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa produk eMIGG dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan eMIGG dalam pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...