Economic Education and Entrepreneurship Journal
Vol 5, No 1 (2022): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)

Desain Modul Elektronik Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Teoritik Konsep Dasar Koperasi

Inanna Inanna (Universitas Negeri Makassar)
Rahmatullah Rahmatullah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik interaktif pada mata kuliah pengantar koperasi sehingga diharapkan dapat menjadi sumber belajar baru bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman teoritik terkait materi konsep dasar koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan analisis awal, identifikasi materi, pengembangan produk dan uji coba. Hasil penilaian ahli media pembelajaran yang dikembangkan diperoleh skor 93,33%, Artinya bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan dan berada pada kategori sangat layak. Hasil tanggapan mahasiswa secara terbatas diperoleh skor 91,27 %, kategori sangat layak. Hasil perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I, sebesar 79,31 persen dan siklus II sebesar 92,23 persen. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam memahami materi konsep dasar koperasi dengan menggunakan modul elektronik interaktif dengan aplikasi canva. Dengan demikian modul elektronik yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara daring dan luring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E3J

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, ...