Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self regulated learning dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC pada materi segiempat. Teknik pengambilan subjek ini menggunakan teknik observasi untuk mengetahui kemandirian belajar dan tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase hasil observasi self regulated (kemandirian) pada siklus I sebesar 62% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81% dengan kategori baik. Sedangkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui penerapan model pembelajaran Structured Dyadic Methods juga mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan rerata nilai tes prestasi belajar pada siklus I sebesar 63% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81% dengan kategori tuntas KKM. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan telah mencapai lebih dari 70% siswa yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai Kriterium Kelulusan Minimal yaitu 70 maka pembelajaran pada siklus II sudah berhasil
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022