Konten lokal diperlukan dalam mata pelajaran IPS agar bersifat konstekstual sehingga peserta didik lebih mudah memahami dan mengetahui tentang keberadaan daerahnya. Namun dalam buku teks yang digunakan guru konten lokal masih minim dan didominasi konten dari luar daerah. Akibatnya pengetahuan tentang daerah sendiri belum dimengerti bahkan belum diketahui oleh peserta didik. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan integrasi konten local ke dalam buku teks IPS kelas IX materi pusat – pusat keunggulan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan serta terakhir diverifikasi. Hasil penelitian menjelaskan beberapa contoh konten local yang dapat diintegrasikan ke dalam materi pusat – pusat keunggulan ekonomi pada pelajaran IPS kelas IX antara lain PT. Freeport Indonesia, Perusahaan Tambang Minyak Negara (PTMN), Tambang Batubara PT Bhumi Rantau Energi (BRE), Intan Martapura, Kain tradisional Indonesia. Penambahan konten local dalam materi ini bertujuan agar peserta didik dapat mengetahui dengan nyata contoh dari keunggulan ekonomi yang ada di Indonesia.  Dengan peserta didik mengetahui potensi alam negeri, hal ini juga dapat menimbulkan rasa cinta terhadap tanah air. Hal ini juga merupakan satu diantara tujuan dari pembelajaran IPS yaitu menanamkan nilai – nilai cinta tanah air.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022