Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 5 No 1 (2020): El-idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Tingkat Pendidikan Tinggi

Nurul Haeriyah Ridwan (Institut Parahikma Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Sesuai fungsi pendidikan nasional terletaktan Tanggungjawab dosen untuk mampu mewujudkannya melalui pelaksanaan proses pembelajaran yang mampu bermutu dan berkualitas. Salah satu strategi yang dapat dipergunakan dosen untuk memperbaiki mutu dan kualitas proses pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan pertimbangan bahwa tidak semua variabel dapat dikontrol secara ketat. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat perbedaan pemahaman konsep ekonomi dan keterampilan proses antara kelompok mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

el-idarah

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Management Pendidikan islam (el-Idarah) menerbitkan naskah artikel 2 kali dalam setahun (Juni dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Manajemen Pendidikan Islam, Sistem ...