JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Analisis Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Cooperative Tipe Make a match di SDN 05 Sawahan Padang

Dindo Arfan Delar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Reinita Reinita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Arwin Arwin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Mansurdin Mansurdin (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor merupakan kemampuan dasar peserta didik dalam mengembangkan kemampuan lainnya terutama kemampuan pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu melalui model cooperative tipe make a match di SDN 05 Sawahan Padang. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan tiga variabel yaitu kemampuan kognitif berdasarkan tes soal berbasis tingkatan taksonomi dari C2-C5, kemampuan afektif berupa penilaian nilai karakter sikap spiritual dan karakter sikap sosial, dan kemampuan psikomotor. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 4 SDN 05 Sawahan Padang sebanyak 24 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Kemampuan kognitif peserta didik SDN 05 Sawahan memperoleh rata-rata 85,20 dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan afektif peserta didik yaitu senilai 89,79 dengan kategori baik. Dan rata-rata kemampuan psikomotor peserta didik yaitu 82,62 dengan kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...