Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Budaya Kualitas dalam memediasi pengaruh perencanaan sertifikasi ISO 9001:2015 dan penerapan prosedur terhadap kinerja perusahaan. Responden penelitian ini berjumlah 105 karyawan di perusahaan international freight forwarding yang berlokasi di Tanjung Perak Surabaya. Penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk memudahkan penyebaran data. Analisis data menggunakan analysis SEM. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015 berpengaruh terhadap budaya kualitas, perencanaan sertifikasi berpengaruh terhadap budaya kualitas, budaya kualitas berpengaruh terhadap kinerja karyawan dan secara bersama-sama perencanaan sertifikasi ISO 9001:2015 serta penerapan prosedur berpengaruh terhadap kinerja perusahaan melalui budaya kualitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diberikan beberapa rekomendasi berupa saran yang dapat di gunakan sebagai bahan perbaikan berkekelanjutan yaitu tinjauan secara berkala terhadap pelaksanaan penerapan ISO di setiap departemen, meningkatkan kemampuan auditor dalam proses evaluasi, penilaian dan pelaporan sistem manajemen mutu. This study aims to analyze Quality Culture in mediating the effect of planning for ISO 9001:2015 certification and the application of procedures on company performance. Respondents of this study found 105 employees in international freight forwarding companies located in Tanjung Perak Surabaya. Sampling was done by purposive sampling to facilitate data dissemination. Data analysis using SEM analysis. The research results show that ISO 9001:2015 certification significant influence cultural quality, certification planning significant influence cultural quality, cultural quality significant influence employee performance and together with ISO 9001:2015 certification planning and application of procedures that significant influence company performance. Based on the research conducted, several recommendations are given in the form of those that can be used as material for continuous improvement, namely periodically on the implementation of ISO implementation in each department, increasing the ability of auditors in the process of evaluating, evaluating and reporting quality management systems.
Copyrights © 2022