EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas V SDN 1 Poso

Sisriawan Lapasere (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Rizal Rizal (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Surahman Surahman (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Pahriadi Pahriadi (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Amin Basri (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Poso pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V dengan jumlah total 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data maka faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di SDN 1 Poso terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi (1) faktor psikologi yang terdiri dari kesiapan, intelegensi, bakat dan minat. (2) faktor perhatian dan (3) faktor cacat tubuh. Faktor Eksternal terkait dengan metode mengajar. Hasil analisis data menunjukan bahwa faktor internal masuk dalam kategori sangat layak dan faktor eksternal dalam kategori layak.

Copyrights © 2022