Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 2 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 1 SMKN 4 Surabaya

WIWIN WIDIAWATI (Unknown)
EKO WAHJUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah guru telah melaksanakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), untuk menganalisis capaian hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajarn kooperatif Think Pair Share (TPS), dan untuk menganalisis respon siswa setelah diterapkan model pembelajarn kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan model dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI AKL 1 SMKN 4 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan kuesioner. Instrument penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi, lembar tes, dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis pelaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar, dan analisis respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) sesuai sintak yang terdapat dalam RPP ditunjukkan dengan perolehan skor keterlaksanaan 86% pada siklus I dan siklus II dengan skor 96%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dibuktikan dengan ketuntasan klasikal di siklus 75% sedangkan di siklus II sebesar 89%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) mendapatkan respon positif hal ini ditunjukkan dengan skor 80% pada siklus I dan skor 87% pada siklus II. Kata kunci: hasil belajar, Think Pair Share (TPS), rekonsiliasi bank

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...