Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 1, No 4 (2022)

Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Watu

Makmur Nurdin (Universitas Negeri Makassar)
Andi Tenri Pakkua Syam (Universitas Negeri Makassar)
Rosmalah Rosmalah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 3/77 Watu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 3/77 Watu sebanyak 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian sebanyak 53 siswa yaitu kelas VA sebanyak 27 orang dan kelas VB sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (3.90653) > ttabel (1.67528) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signfikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 3/77 Watu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...