Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 5, No 1 (2022): April

Investigasi Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas 11 pada Pembelajaran Fisika

Widodo, Rido Ilham (Unknown)
Kurniawan, Dwi Agus (Unknown)
Maison, Maison (Unknown)
Irmanto, Irmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Fisika merapakan salah satu mata pelajaran wajib untuk dipelajari di tingkat sekolah menengah atas (SMA) khususnya pada siswa yang mengambil kelas peminatan ilmu pengetahuan alam (IPA). Namun, pelajaran fisika menduduki peringkat terendah kedua pada ujian nasional terakhir. Hal ini dapat menurunkan tingkat efiskasi diri pada siswa, sehingga mempengaruhi proses dan hasil belajar mereka. Dilihat dari hal tersebut, dibutuhkannya sebuah peningkatan dalam dukungan baik dari guru, orang tua, dan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri siswa kelas XI di SMAN 6 Batanghari. Sehingga, dapat dilakukan penanganan yang tepat. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Populasi yang digunakan adalah guru dan siswa kelas XI IPA I dan XI IPA II SMAN 6 Batanghari, dengan sampel sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Dengan adanya penelitian ini, guru dapat mengetahui bagaimana tingkat efikasi diri pada siswa siswa terhadap mata pelajaran fisika di kelas, dan siswa dapat menyampaikan penyebab yang dapat meningkatkan ataupun menurunkan tingkat efikasi diri mereka terhadap pembelajaran fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...