Covid-19 hingga saat ini masih menjadi pandemi yang melanda hampir seluruh dunia sejak tahun 2019. Prevalensi Covid-19 tidak hanya terjadi pada usia dewasa, namun pada usia remajapun angka kejadiannya cukup tinggi, yakni seperdelapan dari jumlah kasus yang ditemukan. Penyakit ini berdampak mayor pada sistem pernafasan yang dapat menimbulkan kegawatan pada sistem pernafasan maupun pada sistem tubuh lainnya sehingga pengetahuan tentang pencegahan kegawatan penyakit ini menjadi esensial untuk mereduksi angka mortalitas. Permasalahan yang dihadapai oleh mitra yakni belum mengetahui manajemen pencegahan kegawatan sistem pernafasan pada Covid-19. Upaya peningkatan pengetahuan dapat dilakukan dengan pelatihan secara virtual oleh teman sebaya sebagai upaya preventif kegawatan sistem pernafasan akibat Covid-19 pada remaja. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja dalam manajemen pencegahan kegawatan Covid-19 melalui pelatihan breathing exercise secara virtual dengan melibatkan peer tutor. Metode Pelaksanaan kegiatan yang digunakan pengabdi adalah edukasi, pelatihan dan pemberdayaan. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 30 remaja di SMK Pemuda Papar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada bulan April 2021 selama 1 bulan. Kegiatan ini terdiri dari rangkaian kegiatan yakni pembentukan peer tutor, edukasi manajemen pencegahan kegawatan Covid-19 dan pelatihan breating exercise kepada peer tutor, serta sosialisasi materi edukasi dan pelatihan oleh peer tutor kepada teman sebayanya. Hasil kegiatan menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan remaja dalam manajemen pencegahan kegawatan Covid-19, yakni dari sebagian besar (60%) dalam kategori cukup meningkat menjadi hampir seluruhnya (90%) dalam kategori baik. Penyampaian informasi melalui pelatihan yang dikemas dalam bentuk virtual dapat diakses dimanapun dan dapat menarik minat remaja yang notabene dengan sistem pembelajaran jarak jauh sering menghabiskan waktu dengan gadget masing-masing. Selain itu, pelatihan dengan melibatkan teman sebaya sebagai tutor membuat remaja lebih terbuka dalam berdiskusi. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan metode pelatihan secara virtual dengan melibatkan teman sebaya sebagai bentuk pemberdayaan dapat dijadikan sebagai salah satu model dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.
Copyrights © 2021