Lembaga pendidikan Islam sebagai salah satu lembaga pendidikan alternatif dapat menjadi instrument untuk mencetak generasi Islam yang beriman dan bertakwa pada Tuhan yang maha Esa. Lembaga pendidikan Islam yang ada di Desa Doridungga juga menajadi lembaga yang dapat menjadi benteng dalam membendung kristenalisasi. Penelitian ini bertujuan menemukan peluang dan tantangan lembaga pendidikan Islam yang ada di Desa Doridungga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang diawali dengan rancangan penelitian yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan. Adapun yang menjadi jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan secara langsung dari informan menggunakan teknik wawancara dan pengamatan (observasi). Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini dapat di klasifikasikan menjadi tiga yaitu informan kunci, informan ahli dan informan biasa. Setelah data dikumpulkan lalu dianalisa dengan menggunakan reduksi data, display data, ferifikasi data. Dari keseluruhan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peluang dan tantangan lembaga pendidikan Islam Desa Doridungga Kecamatan Donggo dapat dibagi menajadi beberapa hal. Peluangnya adalah masyarakat Donggo yang mayoritas penduduknya Agama Islam, serta semangat Islam sebagai Agama pendidikan. Serta bantuan yang diberikan oleh pihak pemerintah Kabupaten Bima dan pemerintah propinsi yang berkaitan dengan biaya pembiayaanya. Tantangan yang dihadapi adalah tantangan sosial politik demokrasi sekuler dimana peran agama tidak diberi ruang yang cukup untuk mengekspresikan dalam menyusun kurikulum pendidikan, tantangan pada kebudayaan, serta tantangan pada perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat sehingga menuntut lembaga pendidikan Islam untuk membenahi diri mulai dari kurikulum sampai pada sarana dan prasarana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020