Pendidikan Bahasa Indonesia
No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KEMAMPUAN MEMERANKAN DRAMA SISWA KELAS XI SMA N 1 SIBERUT UTARA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN

EFENDI, EFENDI (Unknown)
Bahardur, Iswadi (Unknown)
Yusandra, Titiek Fujita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal sebagai berikut (1) kurangnya rasa pecaya diri siswa dalam bermain drama (2) kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran memerankan drama ditinjau dari penggunaan lafal, intonasi, gestur dan ekspresi (3) siswa kesulitan dalam menghafal naskah drama. (4) kurangnya buku-buku penunjang tentang pembelajaran drama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini kelas XI SMA N 1 Siberut Utara yang terdaftar pada tahun 2013/2014. Dari hasil yang diperoleh berdasarkan in dikator,maka dapat diambil kesimpulan nilai rata-rata siswa pada indikator 1 atau kemampuan dalam indikator aspek lafal diperoleh mean (M) 71.67 berada pada lebih dari cukup (LDC). Pada indikator 2 atau kemampuan siswa dalam indikator aspek intonasi diperoleh mean(M) 63.33% berada pada cukup (C). Pada indikator 3 atau kemampuan siswa dalam aspek indikator gestur diperoleh mean (M) 60 berada pada cukup (C). Pada indikator 4 atau kemampuan siswa dalam aspek indikator ekspresi diperoleh mean (M) 64.16 berada pada cukup (C).

Copyrights © 2014