Seminar Nasional Pendidikan IPA
Vol 1, No 1 (2021): Prosiding Seminar Pendidikan IPA

PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU- GURU MGMP FISIKA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Kistiono Kistiono (Universitas Sriwijaya)
Syuhendri Syuhendri (Universitas Sriwijaya)
Apit Fathurahman (Universitas Sriwijaya)
Abidin Pasaribu (Unknown)
Sudirman Sudirman (Unknown)
Melly Ariska (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberi manfaat antara lain bagi guru melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan guru mempunyai kemampuan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan terampil menuliskan hasilnya dalam bentuk karya ilmiah dan bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep IPA karena adanya kegiatan perbaikan proses pembelajaran dalam bentuk PTK yang dilakukan oleh guru serta bagi agi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, kegiatan ini merupakan wujud nyata tri darma pergurauan tinggi dan kepedulian lembaga terhadap peningkatan kemampuan profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Model dan metode yang digunakan adalah model pendampingan berupa kegiatan pelatihan menggunakan metode presentasi, workshop, diskusi dan simulasi di salah satu sekolah peserta. a.            Selama kegiatan pelatihan berlangsung, 95% guru melibatkan aktivitasnya secara optimal di dalam semua kegiatan baik presentasi, diskusi maupun simulasi. Hal ini menunjukkkan bahwa guru-guru antusias terhadap kegiatan pelatihan ini. Dari hasil perbincangan dengan guru-guru menunjukkan 100% peserta pelatihan merasa sangat puas mengikuti pelatihan dan menginginkan adanya pelatihan lanjutan. Telah dihasilkan 3 draft PTK Guru-guru MGMP Fisika Kabupaten OKU yang sudah siap disusun ke dalam bentuk Karya Ilmiah yang siap diterbitkan di Jurnal atau Prosiding Nasional.

Copyrights © 2021