JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol. 4 No. 1 (2022): January Edition

Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 Di Sdi Yapita Surabaya

Yuyun Fitrianti (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Adheari Sya’ban Nugrohaji (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Chasnah Nailah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Eka Nur Anisa (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Midayati Afifa (Unknown)
Reni Wulandari (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Uswatun Chasanah (UIN Ampel)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu pada Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 1 di SDI Yapita Surabaya. Pembelajaran sendiri merupakan arti dari kata learning. Yang mana pembelajaran berdasarkan makna leksikal berarti sebuah proses, cara serta perbuatan mempelajari. Dalam hal ini, pembelajaran tematik memberikan cara yang paling lengkap bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka dengan menjawab pertanyaan mereka dan memuaskan rasa ingin tahu mereka dengan mencari di dunia sekitar mereka. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Yang mana hasil penelitian ini berbentuk deskriptif berupa pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan realita atau keadaan yang sebenarnya.di kelas 1 SDI Yapita Surabaya, yang membuahkan hasil bahwa dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu di sekolah tersebut dilakukan dengan mengacu pada kurikulum 2013 berbasis kompetensi. Sehingga dalam hal ini, pelaksanaan pembelajaran di SDI Yapita Surabaya baik pembelajaran bagi siswa normal maupun ABK sama-sama menggunakan pendekatan tematik integratif mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...