JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah)
Vol. 4 No. 1 (2022): January Edition

Penggunaan Aplikasi WhatsApp Dalam Pembelajaran Daring di Tingkat Sekolah Dasar

Ratih Purnama Pertiwi (Universitas Nurul Huda Oku Timur)
Arini Rosa Sinensis (Universitas Nurul Huda Oku Timur)
Tri Ratna Dewi (Universitas Nurul Huda Oku Timur)
Resti Septika Sari (Universitas Nurul Huda Oku Timur)
Sri Enggar Kencana Dewi (Universitas Nurul Huda Oku Timur)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan studi deskriptif yaitu berupa reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam kegiatan penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilkukan di SD Negeri Bangsa Negara Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar menjadi salah satu solusi utama selama pandemi COVID-19. Pembelajaran dilakukan dengan mengirimkan materi melalui gambar, video, dokumen, atau link youtube oleh guru kepada peserta didik. Terdapat kendala dalam proses pembelajaran menggunakan WhatsApp diantaranya adalah kesulitan peserta dalam memahami materi, kurangnya pengawasan kepala peserta didik selama dalam kegiatan belajar, dan tidak stabilnya jaringan internet.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Aplikasi WhatsApp, Sekolah Dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemari

Publisher

Subject

Education

Description

JEMARI : (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) is Journal of language education and literature is a peer-reviewed journal. It is published by Elementary Teachers’ Education of STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur in both print and online version. It aims at reporting high-quality empirical and ...