PENGEMBANGAN THE TWO-TIER DIAGNOSTIC TESTS PADA BIDANG BIOLOGI Suwarto Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara SukoharjoJl. Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo, e-mail: suwartowarto@yahoo.com  Abstrak Tujuan penelitian adalah mengembangkan  bank soal tes diagnostik yang berisi butir-butir soal tes diagnostik bidang studi biologi SMA kelas X semester II. Butir-butir tes diagnostik berupa tes diagnostik dua tingkat ( the two-tier diagnostic tests ). Adapun untuk menyusun the two-tier diagnostic tests ada tiga fase, yaitu: (1) defining the content boundaries  yang terdiri dari 5 langkah : reviewing the biology textbooks, identifying propositional knowledge statements, developing a concept map, relating  propositional  knowledge  to  the  content  map,  validating  the  content;  (2) identifying studentsâ misconceptions  yang terdiri dari 4 langkah: examining related literature, training teachers with interview skills, conducting interview, developing multiple choice content items with free response ; (3) instrument development yang terdiri dari 6 langkah: developing the two -tier diagnostic tests, designing a specific grid, validating  the  instrument,  conducting  pilot  test,  refinement,  conducting  statistical analysis. Tes diagnostik yang dikembangkan ada 3, yaitu tes A, tes B, dan tes C. Tes A (tes diagnostik yang digunakan untuk mengungkap: tingkat keanekaragaman dalam kehidupan, biodeversitas di Indonesia, dan plantae). Tes B (tes diagnostik yang digunakan untuk mengungkap: porifera, coelenterata, plathyhelminthes, nemathelminthes, annelida, mollusca, arthropoda, echinodermata, dan chordate). Tes C (tes diagnostik yang digunakan untuk mengungkap: ekosistem, aliran energi, daur biogeokimia, pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan, jenis limbah dan daur ulang limbah). Tes A, tes B, dan tes C diu jicobakan pada 4 SMA, yaitu: SMA Negeri 1 Weru, SMA Negeri 1 Tawangsari, SMA Assalam, dan SMA Veteran 1 Sukoharjo. Responden tes A dan tes B sejumlah 130 siswa. Responden tes C sejumlah 128 siswa. Analisis statistik dilakukan dengan program iteman versi 3,00 . Hasil penelitian: (1) Tes A terdiri dari 73 butir. (2) tes B terdiri dari 39 butir. (3) tes C terdiri dari 79 butir. Kata Kunci: the two-tier diagnostic tests
Copyrights © 2012